Rabu, 24 Februari 2016

Katsuo Ekis, Pengolahan Modern Air Hasil Perebusan Ikan Cakalang



Katsuo Ekis merupakan hasil olahan dari air hasil perebusan ikan yang mengandung banyak sari pati ikan fresh, yang dalam hal khusus untuk ikan jenis Cakalang (Katsuwonus Pelamis) yang telah di keluarkan isi perut dan kepalanya.  Adapun cara pengolahnnya  adalah sbb
Ikan Cakalang siap di rebus


Air Perebusan
Kandungan sari pati (brix) yang terdapat dalam air hasil rebusan di ukur dengan menggunakan Refractometer, dimana angka minimalnya 3%.
 
Refractometer
             
Air rebusan dengan suhu minimal 90 ̊C  dikeluarkan dari wadah perebusan dengan menggunakan pompa, lalu di alirkan ke tanki penampungan di ruang pengolahan ekis dengan menggunakan filter / saringan.
      
Tangki penampungan

Bagian Dalam Tangki penampungan
            
Dari tanki penampungan,  air hasil rebusan dialirkan ke mesin spinner (ensinburiki), lalu di lanjutkan ke tanki life jaket,  yang suhunya diatur pada kisaran 60ᵒ C - 65ᵒ C
   
Mesin spinner

Bagian Dalam Mesin Spinner
                                       
Dari tanki life jaket, air hasil rebusan dilewatkan pada mesin filter press yang di dalamnya terdapat silica, dengan tujuan menyaring sisa-sisa serpihan daging ikan terhalus yang mungkin masih tercampur.    Proses ini berlangsung sekitar 20 menit.    
   
Tangki Life Jacket

Mesin Filter Press

Setelah proses pada filter press selesai,  air rebusan ikan  di pindahkan ke mesin Vacum  evaporator. Di mesin vacuum evaporator, air rebusan ikan diolah dengan suhu 60 – 65 ̊C hingga mencapai kadar brix 20%.
Mesin Filter Press Tampak Depan
       
Setelah mencapai kadar brix 20%, maka proses di vacuum evaporator selesai, lalu katsuo ekis di Masukkan ke tanki life jaket yg berukuran lebih lebih kecil untuk dicampur dengan garam 15%, lalu suhu Katsuo  Ekis diturunkan  30 ̊C .  
Mesin Vacuum Evaporator

Mesin Vacuum Evaporator


Tangki Life Jacket Untuk Product Akhir

Proses Penambahan Garam 15%


Kemudian katsuo ekis siap dikemas dan di Simpan dalam ruangan pendingin ber-suhu 5 ̊C 


 
Product Katsuo Ekis

Product Katsuo Ekis

Katsuo Ekis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar